ASSALAMUALAIKUM WR,WB

Sabtu, 29 Agustus 2009

wong feng hung adalah ulama muslim

aktor jet li adalah seorang muslim???

Selama ini kita hanya mengenal Wong Fei Hung sebagai jagoan Kung fu dalam film Once Upon A Time in China. Dalam film itu, karakter Wong Fei Hung diperankan oleh aktor terkenal Hong Kong, Jet Li. Namun siapakah sebenarnya Wong Fei Hung?


Wong Fei Hung adalah seorang Ulama, Ahli Pengobatan, dan Ahli Beladiri legendaris yang namanya ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional China oleh pemerintah China. Namun Pemerintah China sering berupaya mengaburkan jatidiri Wong Fei Hung sebagai seorang muslim demi menjaga supremasi kekuasaan Komunis di China.


Wong Fei-Hung dilahirkan pada tahun 1847 di Kwantung (Guandong) dari keluarga muslim yang taat. Nama Fei pada Wong Fei Hung merupakan dialek Canton untuk menyebut nama Arab, Fais. Sementara Nama Hung juga merupakan dialek Kanton untuk menyebut nama Arab, Hussein. Jadi, bila di-bahasa-arab-kan, namanya ialah Faisal Hussein Wong.

Ayahnya, Wong Kay-Ying adalah seorang Ulama, dan tabib ahli ilmu pengobatan tradisional, serta ahli beladiri tradisional Tiongkok (wushu/kungfu). Ayahnya memiliki sebuah klinik pengobatan bernama Po Chi Lam di Canton (ibukota Guandong). Wong Kay-Ying merupakan seorang ulama yang menguasai ilmu wushu tingkat tinggi. Ketinggian ilmu beladiri Wong Kay-Ying membuatnya dikenal sebagai salah satu dari Sepuluh Macan Kwantung. Posisi Macan Kwantung ini di kemudian hari diwariskannya kepada Wong Fei Hung.

Kombinasi antara pengetahuan ilmu pengobatan tradisional dan teknik beladiri serta ditunjang oleh keluhuran budi pekerti sebagai Muslim membuat keluarga Wong sering turun tangan membantu orang-orang lemah dan tertindas pada masa itu. Karena itulah masyarakat Kwantung sangat menghormati dan mengidolakan Keluarga Wong.

Pasien klinik keluarga Wong yang meminta bantuan pengobatan umumnya berasal dari kalangan miskin yang tidak mampu membayar biaya pengobatan. Walau begitu, Keluarga Wong tetap membantu setiap pasien yang datang dengan sungguh-sungguh. Keluarga Wong tidak pernah pandang bulu dalam membantu, tanpa memedulikan suku, ras, agama, semua dibantu tanpa pamrih.

Secara rahasia, keluarga Wong terlibat aktif dalam gerakan bawah tanah melawan pemerintahan Dinasti Ch’in yang korup dan penindas. Dinasti Ch’in ialah Dinasti yang merubuhkan kekuasaan Dinasti Yuan yang memerintah sebelumnya. Dinasti Yuan ini dikenal sebagai satu-satunya Dinasti Kaisar Cina yang anggota keluarganya banyak yang memeluk agama Islam.

Wong Fei-Hung mulai mengasah bakat beladirinya sejak berguru kepada Luk Ah-Choi yang juga pernah menjadi guru ayahnya. Luk Ah-Choi inilah yang kemudian mengajarinya dasar-dasar jurus Hung Gar yang membuat Fei Hung sukses melahirkan Jurus Tendangan Tanpa Bayangan yang legendaris. Dasar-dasar jurus Hung Gar ditemukan, dikembangkan dan merupakan andalan dari Hung Hei-Kwun, kakak seperguruan Luk Ah-Choi. Hung Hei-Kwun adalah seorang pendekar Shaolin yang lolos dari peristiwa pembakaran dan pembantaian oleh pemerintahan Dinasti Ch’in pada 1734.

Hung Hei-Kwun ini adalah pemimpin pemberontakan bersejarah yang hampir mengalahkan dinasti penjajah Ch’in yang datang dari Manchuria (sekarang kita mengenalnya sebagai Korea). Jika saja pemerintah Ch’in tidak meminta bantuan pasukan-pasukan bersenjata bangsa asing (Rusia, Inggris, Jepang), pemberontakan pimpinan Hung Hei-Kwun itu niscaya akan berhasil mengusir pendudukan Dinasti Ch’in.

Setelah berguru kepada Luk Ah-Choi, Wong Fei-Hung kemudian berguru pada ayahnya sendiri hingga pada awal usia 20-an tahun, ia telah menjadi ahli pengobatan dan beladiri terkemuka. Bahkan ia berhasil mengembangkannya menjadi lebih maju. Kemampuan beladirinya semakin sulit ditandingi ketika ia berhasil membuat jurus baru yang sangat taktis namun efisien yang dinamakan Jurus Cakar Macan dan Jurus Sembilan Pukulan Khusus. Selain dengan tangan kosong, Wong Fei-Hung juga mahir menggunakan bermacam-macam senjata. Masyarakat Canton pernah menyaksikan langsung dengan mata kepala mereka sendiri bagaimana ia seorang diri dengan hanya memegang tongkat berhasil menghajar lebih dari 30 orang jagoan pelabuhan berbadan kekar dan kejam di Canton yang mengeroyoknya karena ia membela rakyat miskin yang akan mereka peras.

Dalam kehidupan keluarga, Allah banyak mengujinya dengan berbagai cobaan. Seorang anaknya terbunuh dalam suatu insiden perkelahian dengan mafia Canton. Wong Fei-Hung tiga kali menikah karena istri-istrinya meninggal dalam usia pendek. Setelah istri ketiganya wafat, Wong Fei-Hung memutuskan untuk hidup sendiri sampai kemudian ia bertemu dengan Mok Gwai Lan, seorang perempuan muda yang kebetulan juga ahli beladiri. Mok Gwai Lan ini kemudian menjadi pasangan hidupnya hingga akhir hayat. Mok Gwai Lan turut mengajar beladiri pada kelas khusus perempuan di perguruan suaminya.

Pada 1924 Wong Fei-Hung meninggal dalam usia 77 tahun. Masyarakat Cina, khususnya di Kwantung dan Canton mengenangnya sebagai pahlawan pembela kaum mustad’afin (tertindas) yang tidak pernah gentar membela kehormatan mereka. Siapapun dan berapapun jumlah orang yang menindas orang miskin, akan dilawannya dengan segenap kekuatan dan keberanian yang dimilikinya. Wong Fei-Hung wafat dengan meninggalkan nama harum yang membuatnya dikenal sebagai manusia yang hidup mulia, salah satu pilihan hidup yang diberikan Allah kepada seorang muslim selain mati Syahid. Semoga segala amal ibadahnya diterima di sisi Allah Swt dan semoga segala kebaikannya menjadi teladan bagi kita, generasi muslim yang hidup setelahnya. Amiin.

13 komentar:

  1. Wah, info yang bagus...
    saya baru tahu dari blog ini tentang Wong Fei Hung yang ternyata seorang Muslim.
    Boleh tahu sumber infonya dari mana...?

    Saya pernah baca, di negeri China ada etnis/suku Hui yang beragama Islam dan memiliki kemampuan beladiri Kungfu yang hebat. Apakah Master Wong berasal dari sana atau keturunan etnis tersebut, wallahu'alam.

    BalasHapus
  2. saya senang dengan info ini, tapi apakah kebenarannya bisa dipertanggungjawabkan?

    BalasHapus
  3. muslim memang jagonya mengklaim hahahaha

    BalasHapus
  4. sudah menjadi kebiasaan orang nasrani
    menyembunyikan kebenaran...
    padahal mereka tau...
    siapa yang tidak kenal dengan YESSUS
    oarng ko dia ku TUHAN.. ANEH..
    where head u put..

    BalasHapus
  5. Non muslin itu sukanya klaim, contohnya Ilmu Astronomi: 600 thn sblm galiloe ada Islam sudah punya itu tapi diaku-akuin bahwa itu milik Galileo. Ilmu kedokteran Ibnu Sina. dibilangnya kemajuan punya org eropa, padahal jaman renaisance itu timbul ratusan tahun stlh agama Islam menyebar keseluruh dunia.
    Bahkan sebenarnya Agama Kristen itu kaku menentang segala bentuk pembaharuan yang dilakukan oleh umat kristen.
    Teori Darwin si monyet itu juga sudah dibantah habis dlm kitab suci org Islam.

    BalasHapus
  6. haha.. emg ada bukti yg menyatakan wong fei hong seorang muslim??? walah jgn asal ngaku2 deh sebelum ada bukti..

    buzzett... orng arab ini lah yg sk ngaku2...

    ilmu kedokteran dan astronomi sdh berkembang di China sejak kaisar Huang Di ( Kaisar Kuning) 4000 tahun yg lalu.. diciptakan oleh Kaishar Shen Nong truz dikembangkan oleh Kaisar Huang Di..

    Ilmu astronomi diciptakan oleh Fu Xi dan Kuang Zheng Zhi.. dan terus berkembang.. ini ada catatan sejarahnya... sampai sekarang selisih wktu antara penanggalan china dan modern hanya selisih 28 detik.. bayangkan.. beda sama orng arab yg katanya pinter tp tiap thn selisih sampai beberp puluh hari.. liat bulan baru, aja susah.. smpe mw debat2an.. huhu.. dasar sok pinter...

    teori darwin tentang evolusi itu benar ada dan jg bisa dibuktikan dengn teori masa kini.. jd jngn selalu melihat dari teori2 kuno.. byk teori kuno yg skrng tdk bs dipakai lg krna usang oleh jaman..

    Jadi siapa yg lebih dulu maju.. kt liat aja sejarah dan kemajuan masyarakatnya skrng ini.. hehe...

    BalasHapus
  7. Bismillah, yang lebih maju adlah, Sang Pemilik Jiwa para manusia
    Allah Azza wa Jalla

    apa dalilnya?
    Al Fatihah...

    siapa yang lebih utama?
    Nabi Muhammad !!!!
    beliaulah yang terbaik
    bahkan orang amrik pun ngakui....
    Semoga Allah mebghinakan orang2 yang menghina Islam... semoga penghina ini diberi pelajaran


    dan teori darwin dibantah oleh banyak ilmuwan eropa

    sapa yang mau jadi ketek???

    BalasHapus
  8. sudah bagi yang kafir gak usah rewel.....orang cina banyak sekali yang beragama muslim bahkan laksamana cheng ho yang sangat hebat...juga beragama muslim...jadi gak usah ngiri.... itu hitler dan george bush agamanya sama seperti kalian...kan juga hebat..kita gak ngiri..hehehehehe...

    BalasHapus
  9. Subhanallah, Allahuakbar. Jika itu memang adanya semua adalah kekuasaan Allah.SWT. Lakum dinukum waliadyn, biarkan mereka yang telah dibutakan hatinya, semoga Allah.SWT memberikan hidayahnya untuk mereka, amin ya rabbal alamin. Dan bolehkah saya tahu sumber shahihnya.

    rian_h2@yahoo.com

    BalasHapus
  10. bising kali pun kalian..

    BalasHapus
  11. bertobatlah.... org mati saja diperdebatkan

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. hari gini masih percaya ma teori evolusinya si darwin,prett peanut(idiot) lo klo percaya,
    lo pikir nih sekarang.
    umat islam dan keristen sama2 percaya manusia pertama yang ada d bumi adalah nabi adam as.dan istrinya hawa.dan bagi umat islam nabi yg terkhir adalah nabi muhammad saw.itu yg wajibnya doang yg di ketahui.
    intinya masa iyah
    1.ALLAH SWT,menciptakan manusia menjadi monyet sih,terus nabi adam sudah pandai berbicara,sudah memakai baju.
    sedangkan monyat aj sampe sekarang g bisa berbicara,
    2.menurut teori evolusi darwin manusia pada zaman logam,batu hanya bisa berburu makan,tidur dan bikin anak,tinggalnmya juga d goa ngomong aja masih bekum becus,sedangkan lo pokir nih sekarang pada zaman nabi isa manusia sudah bisa membangun rumah piramida,patung2 dll.
    jadi lo pikir lagi deh mana yang katanya manusia dulu monyet,zaman batu,zaman logam,dan zaman dll.
    masa iyah waktu para nabi wafat manusia menjadi monyet.kan g mungkin banget.
    jadi zaman logam,batu,manusia dulunya monyet itu semua hanya omngan belaka,dan menurut w bisa dibilang penipuan sejarah.
    dan siapa dalangnya
    1.setan
    2.si darwin
    3.para p-endukung teori evolusi

    BalasHapus